Top Post

Top Post

Posted by : Unknown Minggu, 24 Juni 2012


YOGYAKARTA UNTUK KE-BHINNEKA-AN

Bhinneka Tunggal Ika,
Berbeda-beda namun tetap satu.
Tidak ada seorang pun yang boleh disakiti karena ia berbeda.
Kita berbeda-beda. 
Kita punya hak menjadi berbeda. 
Berbeda tanpa rasa takut.

Selama ratusan tahun, Yogyakarta telah menjadi tempat bertemunya orang dari berbagai latar belakang yang berbeda.
Dengan sikap saling menghargai di dalam masyarakat, keragaman ini menjadikan Yogyakarta sebagai miniatur Indonesia. Tempat di mana berbagai perbedaan dapat hidup berdampingan, menjadi sebuah kesatuan, tanpa harus menjadi seragam.
Namun kondisi ini telah terancam oleh tindakan suatu kelompok masyarakat. Kelompok ini merasa dirinya sebagai yang paling benar dan melakukan kekerasan terhadap pihak yang dianggap berbeda. Inilah saat di mana sikap saling menghargai, Tepo Seliro yang kita miliki diuji.

Apakah kita akan membiarkan tindak kekerasan yang dilakukan suatu kelompok, mengganggu kedamaian di Yogyakarta?
Jika Yogyakarta dapat hidup damai dengan segala perbedaan di dalamnya, maka Indonesia pun dapat melakukannya. Pernyataan ini adalah upaya yang dimulai dari Yogyakarta untuk Indonesia Bhinneka.

Apa yang dapat kita lakukan untuk mendukung Indonesia Bhinneka?
  1. Bergabung dengan orang-orang yang memiliki tujuan serupa, untuk bertukar pendapat dan membuat pernyataan bersama, seperti aksi "Yogyakarta untuk Indonesia Bhinneka" pada tanggal 24 Juni 2012, pukul 14.30 WIB, di depan Gedung Agung, Yogyakarta. Suatu perubahan dapat dilakukan jika dikerjakan bersama-sama.
  2. Mewujudkan Tepo Seliro, sikap saling menghargai dengan sesama manusia.
  3. Tidak setuju dengan sesuatu? Ajak dialog dan bangun kritik. Kekerasan bukanlah jalan untuk menghadapi perbedaan. Kekerasan hanya akan menghasilkan rasa sakit dan kemarahan.


Catatan kecil ini admin kutip dari pamflet yang merupakan bagian dari aksi budaya Yogyakarta untuk Indonesia Bhinneka, 24 Juni 2012, di depan Gedung Agung, Yogyakarta. Aksi ini diprakarsai oleh Forum Yogyakarta untuk Keberagaman (YuK!). Forum YuK! terdiri dari berbagai elemen masyarakat sipil yang bergabung, bergerak dan berjuang dalam sebuah gerakan masyarakat sipil yang menyuarakan demokrasi. Sebuah usaha bersama mewujudkan cita-cita tentang kehidupan damai yang berprinsip pada demokrasi, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Leave a Reply

Saran dan kritik Anda merupakan semangat bagi kami. Terima kasih...!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

|| Copyright © 2014 Fakti UPY || Powered by Blogger || Designed by Mbah Jass ||